• Semangat Karena Allah

    Dalam menjalani hidup banyak sekali cobaan yang datang menimpa, tapi semuanya harus di jalani dengan ikhlas.. harus Semangat Karena Allah (SEMANGKA)


Senin, 02 Mei 2011

islam dan teknologi


Hubungan antara Islam dan teknologi
by: hamid walid

Dalam diri manusia, secara mendasar melekat dua status. Yang pertama status yang berkaitan dengan tujuan hidupnya yaitu status kehambaan, dalam kaitan dengan tujuan hidupnya yaitu beribadah/menghamba kepada Allah. Status ke dua adalah berkaitann dengan fungsi hidupnya, yaitu status sebagai khalifah. Pada bahasan ini, teknologi hadir sebagai upaya pengejawantahan peran manusia sebagai khalifah sebagaimana dijelaskan di dalam al-Qur’an :"

"


اني جاعل في الارض خليفة

“Sesungguhnya aku hendak jadikan seorang khalifah di bumi” (Al-Baqarah 30)

Dalam rangka mewujudkan fungsinya tersebut, manusia dikaruniai akal dan pemikiran. Dengan kekuatan akalnya, maka manusia mekakukan penelitian dan pembacaan terhadap realitas alam (makro atau mikro). Realitas alam diberi makna dan pengertian melengkapi dan menyempurnakan pengertian yang telah diberikan Allah kepadanya.

Pengertian-pengertian yang tersusun tersebut berkembang menjadi pengetahuan. Di mana semakin lama pengetahuan tersebut tersusun secara sistematis menjadi ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya manusia menjalankan tugas dan fungsi kehidupannya. Manusia menggunakan pengetahuan tersebut untuk mempermudah kehidupan dan memperbaiki kehidupannya. Ilmu pengetahuannya dipergunakan dalam memperlakukan benda-benda di sekitarnya dalam rangka kepentingan ini. Inilah yang kemudian kita kenal sebagai teknologi.

Dalam kaitan ini sebenarnya peran dan statusnya yang kedua erat kaitannya dengan statusnya yang pertama yang merupakan status primer manusia, walaupun keduanya ada dalam sebuah perimbangan dan harmoni. Inilah kiranya yang tercermin dalam ayat:

وابتغ فيما آتاك الله الدار الآخرة ولا تنس نصيبك من الدنيا

Carilah Kehidupan akhirat dari apa yang Allah karuniakan kepadamu, dan janganlah kau lupakan bagianmu dari kehidupan duniamu (Al-Qashsash 77)

Dari ayat di atas, pemanfaatan teknologi dalam kehidupan manusia sesungguhnya dilandasi oleh keimanan yang mendasarinya dan dilaksanakan demi kemanfaatan manusia dengan tetap melestarikan dan memelihara kelestarian alam. Dengan landasan keimanan ini maka apa yang sempat diilustrasikan oleh Allah di dalam Al-Qur’an berupa dampak negatif kehadiran manusia sebagai khalifah sebagai mana tercermin dalam ayat di bawah ini, dapat terhindari.

واذ قال ربك للملائكة اني جاعل في الأرض خليفة قالوا أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء ونحن نسبح بحمدك ونقدس لك قال اني اعلم ما لا تعلمون

“Renungkanlah ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat : “Sesungguhnya aku akan menciptakan khalifah di bumi”. Malaikat bertanya : “Apakah Engkau akan menjadikan di sana makhluk yang akan merusak dan menumpahkan darah, sedang kami senantiasa bertasbih dengan memuji-Mu.” Allah menjawab : Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui. (Al- Baqarah 30)


0 komentar:

iklan

iklan
Tantangan terbesar adalah melakukan apa yang orang lain tidak mampu melakukanya.