• Semangat Karena Allah

    Dalam menjalani hidup banyak sekali cobaan yang datang menimpa, tapi semuanya harus di jalani dengan ikhlas.. harus Semangat Karena Allah (SEMANGKA)


Senin, 25 Juli 2011

Ramadhan pembentuk karakter para pemenang


 strong with kecerdasan spiritual


hai sobat sekalian, tahukah antum sekalian, saat perang badar , yaitu perang besar yang pertama antara kaum muslimin dengan kaum kafir qurais. ternyata berlangsung di bulan Ramadhan loh.......
bayangkan coba,... dari segi persiapannya, kaum muslim saat itu kalah jauh dibandingkan dengan kaum Quraisy.

mau tau gak???? jumlah pasukan muslim dibandingkan dengan kaum Quraisy adalah 1: 3. begitupun dengan senjatanya. dan para kaum muslimin pada saat itu sedang menjalani ibadah puasa Ramadha, coba bayangin aja di tengah terik matahari gurun pasir yang panas baget tuh, pasukan kaum muslimin harus melawan pasukan yang secara fisik 3 kali lipat lebih kuat.


tatapi, iman hati kaum muslimin memang dahsyat baget deh,,, mereka tak hanya tak membatalkan puasa, bahkan berhasil meraih kemenangan yang gemilang-gemilang.
tapi, mungkin bukan karna fisik kita yang kuat, tetapi jiwa kita yang benar-benar memiliki semangat juang yang tinggi. inilah kecerdasan spiritual. kecerdasan yang banyak dimiliki oleh para nabi, sahabat, dan orang-orang yang beriman.


2. cerdas secara emosional
rasulullah SAW bersabda :
"orang kuat itu bukanlah orang yang menang bergulat, tetapi orang kuat itu ialah orang yang dapat menahan dirinya ketika marah" (HR. Bukhari dan Muslim )


karakter pemenang sejati adalah ketika ia tak terprovokasi oleh gejolak emosi. karena, jika kita didominasi emosi, maka kita nggak akan bisa berfikir jernih. nah, jika kita benar-benar menjalankan ibadah puasa dengan sempurna , maka kecerdasan emosi kita akan teasah. kita akan lebih sabar, mampu mengendalikan diri dan nggak beringas. sikap seperti ini sangat penting dimiliki oleh para petarung loh!!!!


3. disiplin
puasa itu juga akan melatih kedisiplinan kita. bayangkan jika kita telat bangun buat sahur , seharian kita akan merasa leleh dan lemas. demikian juga, jika kita terlalulama makan buka. kita bakalan ketinggalan jamaah sholat terawih. kita juga akan termotivasi untuk sholat tepat waktu. jadi, kita akan terbiasa diatur oleh jadwal yang ditetepkan Allah SWT, yang nantinya kan teraplikasi dalam kehidupan yang lain.


4. rasa empatik kepada penderita sesama


nah, saat puasa kita merasakan lapar, dahaga, lemas, dan sebagainya. ini akan membuat mata hati kita terbuka. kita akan merasa empatik dengan penderitaan orang -orang miskin. yang tiap hari harus kekurangan makanan. kita kan menjadi orang yang murah hati loh,,,,, dermawan dan kreatif mengatasi berbagai masalah.


5.  mental juara


puasa ramadha itu prinsipnya adalah sebuah proses up grade , maka orang yang bener-benar  paham hakikat puasa akan akan menjadikan  puasa sebagai  sebuah rangkaian program yang memiliki target-terget tertentu.
ia merasa mengang jika tergetnya tercapai dan merasa gagal jika ternyata nggak memenuhi targetan. ayo apa tergetan antum-antum sekalian
 ? ? ?


6. sehat fisik loh.....
meskipun kelihatanya saat puasa kita lemas, jangan kira puasa nggak baik buat kesehatan fisik kita lho.... tahu gak nih???
selama ini, pencernaan kita nyaris berkerja selama 18 jam sehari, tanpa henti !
nah, saat kita berpuasa  pencernaan, enzim, serta hormon yang biasanya berkerja mencerna maknana bisa beristirahat selama 14 jam!
dan masih banyak manfaat lainya.........


wassalamua'alikum wr.wb

0 komentar:

iklan

iklan
Tantangan terbesar adalah melakukan apa yang orang lain tidak mampu melakukanya.